Monday, December 26, 2016

Sandi dalam Pramuka

Sandi dalam Pramuka
Assalamu’alaikum wr.wb.
         Halo semua, kembali lagi bertemu dengan postingan saya. Kali ini, saya akan membahas tentang macam sandi dalam pramuka. Siapa yang tidak tahu Pramuka, semua orang pasti mengenalnya karena merupakan ekstrakurikuler wajib saat ini. Dan tidak dapat dipungkiri lagi terdapat berbagai macam sandi yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, alasan tersebutlah yang membangkitkan jiwa saya untuk menulis postingan tersebut. Saya sendiri pernah mengikuti perkemahan, dan saat itu saya belum mengenal sandi terlalu banyak dan saya pun mengalami kesulitan ketika mencari jejak.


1. Sandi morse
          Yang pertama adalah sandi morse. Sandi ini ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse (1791-1872). Beliaulah yang pertama kali menemukan telegraf, yang mampu mengirim pesan dalam jarak jauh dengan sangat cepat. Sandi morse sendiri telah diakui secara Internasional. Sandi ini dapat dikirim dengan berbagai macam cara, antara lain melalui suara (peluit, dsb), cahaya (senter, lampu, dsb), gerakan (bendera, asap, dsb), tulisan (kode, dsb), serta denyut listrik pada telegraf. Sandi morse sendiri ditulis dalam bentuk titik dan garis, dan susunan titik dan garis tertentu akan membentuk huruf. Untuk memisahkan huruf, gunakan tanda / dan untuk memisahkan kata digunakan //. Berikut ini adalah susunannya:


Nah, saya punya bagan dari sandi tersebut (untuk memudahkan membaca, lihat gambar di bawah)


          Nah, bagan di atas digunakan misalkan kita menerima sebuah sandi morse dari peluit, nah panjang suaranya dapat disesuaikan untuk mengetahui huruf tersebut. Pada bagan di atas, putih merupakan titik dan abu-abu adalah setrip. Cara membacanya cukup mudah, misalnya huruf V. Huruf V berada di bawah tab E, tab I, dan tab S. E = putih, I= putih, S = Putih, V= abu-abu, sehingga sandi morse V adalah …-

Contoh :
.---/../.--/.-//…/--/.--.
Sandi di atas dibaca JIWA SMP

Silahkan pecahkan sandi di bawah ini:
1.)   .--./.-./.-/.----/.-/
2.)   -.-/.-/.-./.-/-./.-/

A. Sandi Rumput
           Sandi rumput sendiri merupakan kelanjutan dari sandi morse. Sandi ini terdiri dari rumput panjang dan rumput pendek. Rumput pendek titik, rumput panjang setrip. Nah susunan dari rumput tersebut membentuk suatu sandi morse, dan kemudian diterjemahkan.
Contoh :






Contohnya dalam kata:
= .--./.-./.-/--/..-/-.-/.-/ = PRAMUKA



B. Sandi Akar

          Sandi akar sama dengan sandi rumput, hanya saja bagian yang menonjol berada di bawah, Seperti di bawah ini.









Contohnya dalam kata seperti di bawah ini:




 = .../../.-/--./.-/   = SIAGA


C. Sandi Kimia

          Sandi ini menggunakan huruf vokal dan konsonan untuk memisahkan titik dan garis, oleh karena itu sandi ini merupakan cabang dari sandi morse. Huruf vokal/hidup (A, I, U, E, O) sebagai titik, dan huruf Konsonan/mati (Selain lima huruf tersebut) sebagai setrip. Huruf-huruf ini disusun seolah-olah merupakan rumus kimia. Jika ada angka, maka huruf yang mendahuluinya dianggap dua. Contohnya seperti di bawah ini:


O                 = .
C                  = -
H2O            = HHO       =  --.      = G
CO2            = COO       = .--       = W

Contoh:
OC2O + O + CO + H2O + H2O + OH + OCO2 + OH + CO + H2O
.--././-./--./--./.-/.-../.-/-./--./       = PENGGALANG


2. Sandi Kotak
          Sandi Kotak sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu sandi kotak 1, 2, dan 3. Cara membaca ketiganya sama, yang membadakan hanyalah susunan kotaknya.

A. Sandi Kotak 1
Sandi kotak 1 kuncinya adalah sebagai berikut.

          Nah, setelah melihat kunci tersebut, kita akan belajar membaca dan menulisnya. Cara membacanya, perhatikan letak dari huruf tersebut, misalnya huruf A. Huruf A terletak di pojok kiri atas. Kita lihat bentuknya. Setelah itu, gambarlah bentuk tersebut. Gambar kotak-kotak huruf lain juga. Untuk huruf pertama, bentuknya tidak perlu diberi titik pada kotak, sementara huruf kedua dalam kotak yang sama harus diberi titik pada kotak tersebut. Contohnya seperti berikut ini:
 







Nah, sandi di atas dapat dibaca HALO SEMUA


B. Sandi Kotak 2

       

          Nah, pada dasarnya cara membaca sandi kotak itu sama saja, hanya harus mengetahui gambar letak dari hurufnya. Nah, silahkan buat sendiri contohnya sandi kotak 2.

3. Sandi Koordinat

           Sandi koordinat bergantung pada kuncinya. Cara membuat kuncinya adalah dengan menentukan dua buah kata dengan masing-masing 5 huruf. Antarhuruf dalam satu kata tidak boleh sama, tetapi kata satu dan dua boleh sama. Setelah itu, masukkan dalam kotak biru di bawah ini, misalnya saya memilih kata hewan dan bunga. Jika kamu memilih kata tersebut, maka kata kunci dari sandi koordinat tersebut adalah hewan bunga.


          Setelah itu, cara membaca dan menulisnya tentukan huruf yang ingin ditulis. Setelah itu, tentukan lokasi huruf tersebut di dalam tabel terhadap huruf-huruf yang telah ditentukan tadi. Kemudian tuliskan koordinatnya, ingat Y dulu baru X. Untuk memisahkan huruf Y dan Z, gunakan tanda titik di atas koordinat Z. Contohnya berdasarkan tabel di atas sebagai berikut:
Jika sandi di atas dibaca, maka akan berbunyi BADEN POWELL. Silahkan anda mencoba kata-kata lainnya.


 Sebenarnya masih banyak lagi sandi yang lain. Tunggu saja update terbaru saya, dan terima kasih telah mau berkunjung.


Wassalamu’alaikum wr.wb.

Sumber : BOB Sunardi, Andri. 2010.BOYMAN Ragam latih Pramuka. Bandung: Penerbit                    Nuansa Muda.
               Pengalaman pribadi.

No comments:

Post a Comment