Thursday, June 22, 2017

Cara Mengisi Tinta Printer Canon

            Halo semua, kembali lagi bersama blog saya ini. Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi yang berguna yaitu cara mengisi tinta printer Canon. Printer sendiri mungkin menjadi salah satu barang wajib bagi pekerja dan mahasiswa karena dengan printer kita bisa mencetak dokumen sendiri tanpa harus pergi ke tukang foto kopi. Tinta merupakan kebutuhan setiap printer yang harus diisi ulang agar bisa digunakan.
Tentu saja kadang kala tinta printer habis pada saat yang genting, seperti waktu akan mengumpulkan laporan dan tentu saja akan sangat berguna jika kita bisa mengisi sendiri tinta. Kali ini, saya akan mengisi tinta printer saya, yaitu Canon MP 258. Jika Anda memiliki printer dengan seri lain, prinsipnya sama saja. Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:

1. Tinta printer
2. Alat suntik beserta jarumnya
3. Paku pines (jika perlu)

Jika Anda membeli tinta Blueprint, Anda akan mendapatkan ketiga benda di atas dalam satu wadah. Nah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1) Tancapkan printer ke stop kontak, kemudian nyalakan tombol power. Buka bagian dalam printer dengan cara mengangkat casing printer tersebut. Secara otomatis, cartridge akan bergerak-gerak hingga akhirnya berpindah ke bagian tengah printer (jika tidak, tunggu sebentar).


2) Ambil cartridge dari tempatnya, lepaskan stikernya kemudian cari tempat untuk memasukkan tinta yang biasanya berada di bagian tengah cartridge. Untuk warna hitam bisa ditemukan di bagian tengah cartridge sisi atas, sementara pada cartridge warna pada cartridge Canon memiliki susunan bagian atas Magenta (merah keunguan), sisi kiri bawah Cyan (biru muda), dan pada kanan bawah Yellow (kuning), tetapi susunan cartridge merek lain mungkin berbeda, jadi teslah dengan memasukkan jarum kemudian dicabut dan dilihat warnanya. Gunakan pines untuk memperlebar lubang untuk memasukkan tinta tersebut. 
3) Pasang jarum suntik pada alat suntik, kemudian ambil tinta sesuai warna yang dikehendaki menggunakan alat suntik tersebut. Suntikkan tinta pada cartridge melalui tempat yang sudah ditemukan tadi kira-kira 6 ml. Jangan terlalu penuh karena justru dapat merusak cartridge. Bersihkan sisa tinta yang berceceran menggunakan tisu.

4) Pasang kembali cartridge pada tempat yang sesuai, kemudian tutup printer. Cobalah printer tersebut dan printer Anda siap digunakan.

               Cukup sekian tutorial dari saya, semoga memberi manfaat. Jika ada pertanyaan, jangan lupa berkomentar. Terima kasih.
Sumber: Pengalaman pribadi
               www.iconarchive.com (Thumbnail)

No comments:

Post a Comment