Wednesday, June 21, 2017

Kerbal Space Program Review


        Kembali lagi bersama blog Literate It. Kali ini saya akan memberi sedikit review mengenai game yang cukup saya gemari yaitu Kerbal Space Program. Game bergenre simulasi berbasis program luar angkasa ini dibuat oleh Squad, sebuah perusahaan video game di Meksiko. Melalui game Kerbal Space Program inilah Squad mulai dikenal. Game ini resmi dirilis pada tanggal 27 Mei 2015 meskipun sebelumnya sudah ada versi beta yang mengalami perubahan cukup signifikan sebelum resmi diluncurkan. Game ini dapat dibeli secara langsung melalui website resminya maupun melalui Steam.

         Kerbal Space Program berkisah mengenai sebuah spesies bernama Kerbal yang tinggal di sistem Kerbol yang mirip dengan tata surya kita. Di sistem ini terdapat 7 planet, salah satunya Kerbin yang merupakan tempat tinggal dari spesies Kerbal. Para Kerbal ini akhirnya menemukan teknologi untuk pergi ke luar angkasa. Kita bermain sebagai pengendali fasilitas program luar angkasa yang bertugas mengatur fasilitas ini agar bisa mengeksplorasi luar angkasa. Dalam mengendalikan fasilitas, terdapat tiga gamemode, yaitu Sandbox, Science, dan Career.
7 Planet dalam Sistem Kerbol
Mode Sandbox memperbolehkan kita untuk menggunakan uang tanpa batas dan semua teknologi sudah dapat digunakan. Kita hanya tinggal bersenang-senang  meluncurkan astronaut ke angkasa tanpa takut kehabisan uang. Mode Science memperbolehkan kita untuk menggunakan uang tanpa batas, tetapi kita harus berusaha sendiri mendapatkan poin Science agar dapat membuka teknologi baru. Science dapat diperoleh dengan melakukan berbagai eksplorasi dan mendapatkan science. Setelah mendapat poin Science, kita dapat membuka teknologi baru seperti roket yang lebih kuat, model roket yang lebih bagus, dan sebagainya. Mode terakhir yaitu Career, mode ini kita memiliki uang yang terbatas dan teknologi yang belum terbuka semua. Kita dapat mendapatkan uang dengan menyelesaikan misi yang diberikan dan Science dapat dilakukan dengan menyelesaikan misi serta melakukan eksplorasi.

Sebuah Pesawat Sedang Mengorbit Kerbin

Ketiga mode tersebut sama-sama mengharuskan kita membuat roket sendiri dan mengendalikannya. Dengan roket tersebut, kita dapat mengirimkan satelit komunikasi, satelit pencari sumber daya, stasiun luar angkasa, bahkan base di planet/satelit alami lainnya. Dengan satelit pencari sumber daya pula Anda bisa mencari ore yang bisa digunakan untuk membuat bahan bakar melalui penambangan yang dapat dilakukan di Kerbin atau planet lain asalkan tersedia. Kita pun bisa membuat rover untuk membantu eksplorasi atau hopper yang dapat menjelajahi planet lebih jauh. Pesawat terbang biasa pun bisa kita buat untuk terbang mengelilingi Kerbin sambil menikmati pemandangan. Selain tiga mode yang telah disebutkan, Ada lagi dua mode yang kita tidak perlu membuat roket, tetapi kita hanya mengendalikannya, yaitu Tutorial dan Scenario. Tutorial merupakan mode latihan bagi Anda yang baru saja memainkan KSP, sementara Scenario adalah mode yang telah dirancang dan kita harus menyelesaikan misi yang diberikan.

            Pada versi akhir-akhir ini, ditambahkan satu fitur baru yaitu ComNet dan KerbNet. ComNet adalah suatu jaringan komunikasi yang menjadikan satelit lebih berguna daripada sebelumnya. ComNet dibutuhkan untuk mengirimkan data saintifik ke Kebin dan juga untuk mengontrol probe (satelit atau sejenisnya yang dikontrol tanpa Kerbal). ComNet bisa berupa koneksi langsung ke KSC (Kerbal Space Center) atau diteruskan melalui relay yang bisa dipasang pada satelit pada setiap planet. Hal tersebut tentu saja membuat satelit lebih berguna karena dibutuhkan untuk menghubungkan pesawat luar angkasa dengan Kerbin. KerbNet adalah jaringan pemetaan pada suatu planet atau satelit alami. KerbNet memungkinkan kita untuk melihat lebih detail mengenai suatu planet sebelum mendarat di sana. KerbNet dapat berupa terrain, biome, dsb. Terain dapat membuat kita melihat ketinggian suatu tempat, sementara biome dapat membuat kita melihat jenis biome yang ada pada tempat tersebut. KerbNet juga dapat mendeteksi anomali (keanehan di suatu tempat). KerbNet tersedia pada setiap unmaned module, tetapi tidak semuanya memiliki fungsi khusus seperti jumlah perbesaran atau mode yang dapat dilakukan.

Jaringan ComNet (Garis Hijau Menunjukkan Koneksi Antarsatelit atau Pesawat)
              Game ini menyediakan gameplay yang sangat menarik. Berbagai macam hukum fisika berlaku di dalam game ini, misalnya gravitasi, gesekan udara, suhu, dsb. Berbagai macam kondisi tersebut membuat game ini terasa sangat nyata tidak seperti game simulasi lainnya. Keharusan kita membuat pesawat luar angkasa sendiri menjadikan tantangan tersendiri yang membedakan dengan game lainnya yang hanya memfokuskan pengontrolan kendaraan. Berbagai macam taktik pun diperlukan agar kita dapat menjalankan eksplorasi dengan baik misalnya pelaksanaan orbit. Jika salah dapat membuat bahan bakar tidak efisien atau bahkan kegagalan. Game ini juga menampilkan grafik yang lumayan bagus. Setiap planet dan satelit alami memiliki berbagai macam bentuk rupa bumi yang berbeda-beda dan memiliki keistimewaan tersendiri. Bentuk rupa bumi tersebut membentuk bioma yang dapat dijadikan ladang mencari science. Teksturnya sendiri mampu menampilkan berbagai macam bentuk walaupun tidak secara mendetail.

    Secara ringkas, game ini menyediakan fitur sebagai berikut:
-          Membangun berbagai macam roket, rover, base, pesawat, dll.
-          Part/bagian roket yang sangat banyak memungkinkan imajinasi kita untuk bertindak lebih.
-          Area bermain yang sangat luas, mulai dari planet, satelit alami, asteroid, dll.
-          Tiga macam mode permainan, yaitu Sandbox, Science, dan Career.
-          Melakukan berbagai macam eksplorasi sampai melakukan pertambangan.
-          Astronaut Kerbal yang memiliki skill khusus yang dapat ditingkatkan seiring dengan pengalaman   
         penjelajahan astronaut tersebut.
-          Terdapat jaringan komunikasi ComNet yang memungkinkan kita mengirim data dari tempat yang   
         sangat jauh.
-          Anomali-anomali di berbagai macam tempat.
-          KerbNet dapat digunakan untuk melihat planet secara mendetail.
-          Mod yang tersebar luas di internet dan bisa dipasang.
-          Komunitas di internet yang siap membantu masalah Anda.

      Berikut beberapa screenshot yang mungkin dapat memberi gambaran mengenai game ini:

Tampilan Interion Cockpit

Sebuah Pesawat Sedang Mengorbit Mun, Satelit Alami Kerbin
Pendaratan di Mun
Pesawat Terbang Biasa Lepas Landas
Merakit Roket Beserta Satelitnya








No comments:

Post a Comment