Tuesday, October 3, 2017

Berbelanja di Tokopedia

        Tokopedia merupakan salah satu situs jual beli online yang sudah saya percayai. Situs ini memungkinkan Anda berbelanja secara online yang dapat Anda akses secara gratis. Tokopedia pun memungkingkan Anda membuka toko online secara gratis dan mengelolanya dengan persyaratan yang mudah. Di sini Anda dapat berbelanja online dengan pilihan dan kategori yang sangat beragam dan banyak, mulai dari pakaian, kebutuhan rumah tangga, hingga komputer serta perlengkapannya.

         Nah, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya berbelanja di Tokopedia beberapa waktu lalu yang mungkin bisa memberi inspirasi mengenai cara berbelanja online di Tokopedia. Awalnya saya pergi ke sebuah toko elektronik untuk membeli beberapa komponen, terutama sebuah alat bernama multitester yang biasa digunakan untuk mengukur tegangan dan arus. Komponen yang saya butuhkan telah terpenuhi, tetapi ketika saya menanyakan harga multitester saya terkejut. Ternyata harganya adalah sekitar Rp80.000 dan uang saya tidak cukup. Saya tidak jadi membeli multitester tersebut karena harganya yang, bagi saya, lumayan mahal.

        Besoknya saya pun penasaran terhadap belanja online yang sebelumnya belum pernah saya lakukan. Oleh karena itu, saya buka situs Tokopedia yang Anda bisa kunjungi di link ini. Sebenarnya saya juga ingin mencari harga yang lebih murah daripada di toko elektronik yang saya kunjungi itu. Segera saja kucari dengan kata kunci "Multitester analog". Di sana terdapat berbagai macam pilihan, ada yang kecil dan besar, ada yang merek A atau B, ada yang murah ada yang relatif mahal. Tentu saja, saya memilih sebuah multitester analog dengan harga yang paling murah dan sesuai yang saya butuhkan, yaitu sebuah multitester analog dengan harga Rp40.000, dua kali lebih murah daripada yang sebelumnya. Setelah berpikir beberapa saat, akhirnya saya menekan tombol beli.

         Ternyata, saya lupa membuat akun sehingga muncul tampilan login dan sign up. Saya pun segera membuat akun. Setelah selesai membuat akun, aku pun kembali ke multitester tadi dan menekan tombol beli. Kemudian muncul beberapa isian, ada nama penerima, alamat, jumlah pesanan, pesan untuk penjual, kurir yang diinginkan dan muncul total harga termasuk ongkir. Biaya ongkirnya adalah Rp10.000, tetapi tidak apalah karena tetap saja lebih murah daripada di toko elektronik. Saya pun menekan tombol beli produk ini.

         Langkah selanjutnya adalah pembayaran. Saya pun pergi ke keranjang dan menemukan pesanan saya. Saya pun menekan bayar. Muncul beberapa cara pembayaran, mulai dari transfer hingga melalui minimarket. Saya memilih melalui minimarket karena lebih mudah dan praktis. Kalu membayar menggunakan minimarket, saya menggunakan Indomaret, ternyata ada biaya tambahan yaitu sebesar Rp2.500. Kemudian muncul kode pembayaran. Kucatat kode itu.

        Keesokan harinya, aku menuju ke Indomaret untuk melakukan pembayaran. Aku pun bertanya kepada kasir, kasir dengan ramahnya pun memberi tahu saya untuk menuju ke ipoint berupa anjungan komputer yang berada di sudut Indomaret. Aku pun mulai mengoperasikan ipoint yang ternyata mudah. Tinggal memilih menu pembayaran, kemudian pilih situs Tokopedia. Kemudian masukkan kode pembayaran yang sebelumnya sudah didapatkan. Oh iya, batas waktu pembayaran adalah dua hari sejak Anda memperoleh kode pembayaran. Selanjutnya ada menu konfirmasi yang ternyata sesuai dengan data saya, kemudian keluar semacam nota dari anjungan itu. Kuambil dan kuserahkan kepada kasir. Kasir pun memeriksa kebenaran data dan kubayar sesuai jumlah yang ditentukan.

         Aku pun kembali dan mengecek Tokopedia. Ada notifikasi yang menyatakan sudah diterima pembayarannya dan tinggal menunggu pengirim mengirim barang. Dua hari kemudian saya pun mendapatkan barang yang saya pesan, dengan kondisi yang baik terbungkus dengan rapi. Saya pun puas dengan pengalaman belanja online kali ini.

        Cukup sekian, semoga bisa memberi Anda informasi mengenai berbelanja online di Tokopedia. Terima kasih telah berkunjung.

sumber :
www.tokopedia.com (gambar thumbnail)
pengalaman pribadi

No comments:

Post a Comment