Friday, September 13, 2019

Cara Membuat Direct Link Google Drive (Download Link Langsung)

Google Drive...
Siapa yang tak kenal layanan ini. Disediakan oleh Google, terkenal bagi kalangan siswa, mahasiswa, dosen, hingga pebisnis. Memang layanan ini benar-benar berguna, terlebih saat menyimpan tugas atau backup isi laptop.

     Mungkin suatu ketika kamu ingin membagikan suatu file, tugas misal, kepada temanmu. Cara yang umum kamu lakukan adalah dengan memilih file yang tersimpan di Google Drive, memilih dapatkan link, dan mengirimkannya ke temanmu. Temanmu pun dapat mengunduh tugas itu, dengan membuka aplikasi atau web Google Drive terlebih dahulu, kemudian menekan tombol download yang ada di pojok kanan atas. Namun ....

     Mengapa tak langsung saja diunduh tanpa perlu membuka aplikasi atau web Google Drive? Bayangkan betapa praktisnya apabila cukup dengan menekan link file otomatis terunduh, tanpa perlu tethek bengek. Tak hanya praktis, tetapi juga menghemat waktu dan kuota internet, terlebih jika file tersebut sering diunduh oleh banyak orang. Nah, kali ini saya akan memberikan informasi cara melakukan hal tersebut, yaitu membuat link Google Drive yang langsung mengunduh file dalam sekali tekan, atau disebut dengan direct link.

Langkah-Langkah Membuat Direct Link Google Drive

  1. Masuk ke Google Drive, tentukan file yang akan dibagikan, klik kanan pada file tersebut, dan pilih dapatkan link yang bisa dibagikan. Pada aplikasi di Android, tekan titik tiga di pojok kanan bawah dan pilih berbagi link: tidak aktif untuk mengaktifkan pembagian link. Tipe yang bisa dibuat direct link-nya hanya berupa file, bukan folder. Jika masih dalam bentuk folder, satukan/kompres dulu ke .rar atau .zip. 
  2. Aktifkan berbagi link, kemudian pilih setelan berbagi.
  3. Pastikan bahwa aksesnya berupa Siapa saja dengan link dapat melihat, kemudian salin link tersebut dengan menekan tombol salin. Untuk aplikasi di Android, langsung saja menuju langkah 4.
  4. Buka website https://sites.google.com/site/gdocs2direct/. Paste/tempel link yang telah disalin pada isian Enter Your Sharing URL, kemudian tekan tombol Create Direct Link. Selamat, direct link baru telah berhasil dibuat dan bisa dibagikan ke siapa saja.
     Kesalahan dapat terjadi apabila link yang kita salin dari Google Drive keliru. Pastikan bahwa URL dari Google Drive bukan berupa https://drive.google.com/open?blablabla, melainkan berupa https://drive.google.com/file/blablabla.

     Direct Link dari Google Drive ini menurut saya sangat bermanfaat karena mempercepat proses transfer file sehingga meningkatkan produktivitas. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment