Wednesday, May 5, 2021

Pengalaman Service Laptop Lenovo Yogyakarta

Oleh: Bryan Amirul Husna

        Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya service laptop di service center Lenovo Yogyakarta, yang terletak di Yap Square Jalan C. Simanjuntak. Semoga cerita ini bisa berguna memberikan gambaran proses sevice dan kesan saya terhadap pelayanannya. Fyi laptop masih dalam garansi ketika saya service 😁.

        Laptopku adalah Lenovo V14-IIL (Intel I5-1035G1, Nvidia MX330, RAM 8 GB) yang saya beli 17 September 2020 seharga 8,8 juta untuk kuliah. Permasalahannya adalah sekitar satu bulan setelah pembelian, jack audio bermasalah, yaitu jika ditancapkan headset, microphone dari headset itu tidak bisa dipakai, bisanya memakai mic bawaan laptop (dengan sedikit pengaturan pada sistem). Jadi suara headsetnya masih berfungsi, yang bermasalah hanya micnya. Padahal satu bulan sebelumnya tidak bermasalah. Tentu itu mengganggu karena mic headset (saya rasa) kualitasnya lebih bagus daripada mic laptop 🎤.

        Saya mendatangi service center pada hari Rabu, 7 April 2021 mumpung sedang tidak ada kuliah dan masih dalam masa garansi. Lokasi service center ada di dalam Yap Square, tidak di pinggir jalan seperti dugaan sebelumnya :) (Yap Square memang di pinggir jalan, tetapi SC Lenovonya ada di dalam Yap Square sehingga tidak di pinggir jalan). Saat itu sore hari tempat service lumayan sepi. Waktu giliran pun tiba, saya dipanggil mbaknya kemudian ditanyakan keluhannya. Saya pun bercerita masalah yang dialami. Untuk service garansi tidak perlu membawa kartu garansi karena masa garansi bisa dicek langsung di laptopnya, tetapi jaga-jaga bawa saja siapa tahu tidak sesuai dengan nota pembelian. Saya pun sekalian meminta pemasangan HDD untuk laptop saya yang tersedia slot HDD kosong. Ternyata pemasangan HDD gratis, lumayan sambil menyelam minum air. Mbaknya kemudian mengetik laporan dan dicetak, kemudian ditunjukkan kepada saya dan diminta tanda tangan. Di situ tertera kode service saya dan nomor WA Service Center. Oke kemudian selesai dan saya pulang membawa salinan laporan sebagai bukti service yang wajib dibawa ketika mengambil laptop.

        Setelah itu, setiap hari saya mengecek status perbaikan melalui kode service saya di website Primalayan (di sini). Awalnya tertulis Sedang Mengecek. Setelah itu hari Selasa, 13 April 2021 (6 hari kemudian) status telah terupdate menjadi Menunggu Spare Part, syukurlah ada update. Di situ juga ada tambahan Offering Letter yang menunjukkan bagian yang rusak dan biaya perbaikan. Biaya perbaikannya adalah 227 ribu rupiah yang menjadi gratis karena masih garansi (untung ketahuan rusak waktu masih garansi).
Surat penawaran service
Surat penawaran service
           Beberapa hari kemudian, yaitu Kamis, 15 April 2021 (hari ke-8), sekitar sore hari saya mengecek dan status telah terupdate menjadi "Mesin Selesai".  Saya waktu itu cukup bingung karena belum dihubungi melalui WA, maksudnya mesin selesai apakah selesai sudah bisa diambil atau baru selesai diperbaiki sehingga belum dapat diambil. Keesokan harinya (Jumat, 16 April 2021 (hari ke-9)), saya berinisiatif menghubungi WhatsApp Service Center, tetapi belum dijawab dari pagi hingga siang. Kemudian saya menghubungi Lenovo langsung melalui WhatsApp dan dijawab service sudah selesai. Karena belum yakin, saya pun menghubungi Primalayan (penyedia garansi) melalui telepon dan dijawab sudah selesai. Ini tentu membuat bimbang karena belum ada kabar dari WhatsApp Service Center, tetapi dari Lenovo dan Primalayan ada kabar sudah selesai.

            Setelah mempertimbangkan bahwa besok adalah hari Sabtu (berarti SC akan tutup dan harus menunggu hingga Senin, penantian yang lama), laptop sedang ingin segera digunakan, dan sedang tidak ada kuliah, saya pun mendatangi Service Center yang berjarak 20 km dari rumah. Toh kalau belum selesai tinggal pulang lagi, sementara kalau memang sudah benar maka saya bisa memakai laptop lebih awal daripada jika menunggu. Waktu itu sepi hanya ada satu antrean dan ketika dipanggil, saya menunjukkan salinan laporan yang diberikan kemarin. Ternyata benar laptop memang sudah selesai diperbaiki dan bisa diambil. Setelah beberapa saat mengecek laptop dan semua fungsi berjalan dengan normal, saya pulang dengan perasaan gembira bisa memakai laptop ini lagi (soalnya laptop lama cukup lemot karena masih memakai HDD).

            Kesan saya cukup baik dengan layanan service Lenovo. Setelah service, seluruh data yang ada di laptop tidak ada yang hilang, tetapi jaga-jaga backup dulu sebelum service. Waktu pengerjaan 9 hari untuk masalah ringan seperti saya cukup OK, meskipun bukan yang tercepat berdasarkan pengalaman saya pernah service barang elektronik merk lain. Akan tetapi, kontak WhatsApp sebaiknya diperbaiki lagi agar lebih fast response karena pelanggan ingin mendapat kabar dengan cepat. Sekian pengalaman saya service laptop Lenovo, semoga memberi gambaran kepada Anda bagaimana proses servicenya.

1 comment:

  1. nice share jadi, agak ga begitu worried mau service ke SC nya

    ReplyDelete